November 23, 2008

Monkey Forest

Monkey Forest atau Hutan Monyet atau Wenara Wana merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Pakraman, Padangtegal, Ubud, Bali, yang objeknya adalah kera-kera (Macaca fascicularis). Di kawasan hutan seluas 10 Hektar ini terdapat sedikitnya 300 kera Bali. Mereka hidup berkelompok. Pada setiap kelompok ada ketua kelompoknya. Ketua kelompok ini selalu diikuti oleh pengikutnya. Kera-kera Bali ini hidup berpindah-pindah dalam 4 kawasan/wilayah berbeda. Tidak jarang tejadi konflik fisik pada saat kelompok-kelompok ini ingin menguasai daerah tertentu.

Apabila Anda berkunjung ke sana, Anda akan menyaksikan monyet-monyet ini cukup bersahabat, mereka sibuk dengan dunianya. Anda boleh mendekat dan menyodorkan pisang atau kacang pada monyet-monyet tersebut dan monyet-monyet tersebut akan melahapnya. Namun hindarkan penggunaan kaca mata, topi atau barang-barang lain pada tangan Anda karena bisa saja monyet-monyet tersebut tertarik dan kemudian mengejar Anda. Seperti gambar di atas, seekor monyet sedang menikmati minuman Mizone, setelah mengejar dan mengambilnya dari rekan saya yang kebetulan membawa minuman tersebut :-)

Kawasan Monkey Forest tidak hanya sebagai objek wisata, namun juga menjadi tempat konservasi, balai penelitian tanaman hutan dan tempat sakral. Di sini terdapat 125 jenis tanaman yang terdiri dari pohon bambu, pohon pinang, pohon mahoni, dan pohon majegau serta beraneka ragam tumbuh-tumbuhan yang berkaitan dengan upacara.
Adapun tempat sakral yang ada di sini terdiri atas Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Padangtegal, yakni:
1. Pura Dalem Agung berlokasi di barat daya hutan. Pura ini adalah tempat utama dan terpenting di hutan tersebut.
2. Pura Beji terletak di barat laut dengan menggunakan konsep tri mandala.
3. Pura Prajapati merupakan tempat kremasi yang berada di timur dan sepanjang sisinya terdapat pemakaman. (Nuning)

No comments: