November 28, 2008

Pasir Putih Situbondo

Menelusuri perjalanan darat dari Surabaya menuju Bandung, sayang sekali apabila kita melewatkan pemandangan pantai nan indah di sekitar wilayah Bungatan Situbondo Jawa Timur.
Ya, Pasir Putih Situbondo nama pantai itu. Setelah sekitar lima jam perjalanan kami dari Surabaya, kami berhenti sejenak di sana untuk sekedar melepas lelah sambil menikmati es kelapa muda. Hm... sementara mata kami terus memandangi birunya laut. Beberapa perahu hilir mudik membawa wisatawan, kamipun tak melewatkan kesempatan untuk berlayar menelusuri pasir putih hanya dengan biaya Rp.20.000,- Di tengah laut kami diberi teleksop untuk melihat keindahan taman laut, terlihat terumbu karang dan beragam ikan di sana. Pasir Putih Situbondo memang terkenal dengan hamparan pasirnya yang putih, topografinya melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah dan menghantarkan kesejukan tersendiri.
Di Pasir Putih Situbondo, selain berperahu, Anda juga dapat berenang, surfing (berselancar), menyelam, outbound hingga berkemah karena di sana ada area khusus untuk berkemah.
Untuk memanjakan wisatawan, di Pasir Putih sering ditampilkan beragam hiburan seperti konser musik dan beragam lomba seperti lomba surfing, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional, dll.
Khusus pada bulan Oktober, para nelayan di sana biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini biasanya juga diadakan pementasan musik tradisional Banyuwangi, yaitu Gandrung.
Setelah lelah kami hilang, kami pun bersiap-siap meneruskan perjalanan. Dan seperti biasa kami mengunjungi kios-kios untuk membeli oleh-oleh berupa souvenir bernuansa laut, seperti replika perahu, kerajinan dari kerang dan pasir. (Nuning)

No comments: