December 24, 2008

Pelatihan Manajemen Perpustakaan Sekolah

Dalam rangka melaksanakan poin ke-3 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 23 Desember 2008, kami Tim dari Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, mengadakan Pelatihan Manajemen Perpustakaan Sekolah. Sasaran yang kami pilih untuk kegiatan PKM kali ini adalah guru-guru UPTD Pengelola TK, SD, SLB, Kecamatan Rajapolah Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, yang terdiri dari 27 SD dan 1 MI. 28 Sekolah tersebut terbagi dalam 5 gugus. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 wakilnya yaitu kepala sekolah dan 1 orang guru, kecuali untuk gugus 1 karena ada permintaan maka seluruh guru di gugus 1 yang terdiri dari 5 SD dapat mengikuti pelatihan seluruhnya. Jumlah seluruh peserta adalah 77 orang.
Pelatihan dilaksanakan di SD Cibungbun Kampung Ciburial Desa Manggungjaya Kecamatan Rajapolah. Acara dibuka oleh kepala UPTD dilanjutkan dengan penyampaian materi.
Adapun materi pelatihan mencakup :
1. Manajemen Perpustakaan disampaikan oleh Drs. Dian Sinaga, M.Si.
2. Organisasi Informasi disampaikan oleh Drs. Pawit M.Yusup, M.S.
3. Administrasi Perpustakaan disampaikan oleh Nuning Kurniasih, S.Sos., M.Hum.
Sebagai gambaran, sekolah-sekolah di lingkungan UPTD TK, SD, SLB, Kecamatan Rajapolah Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya saat ini masih belum memiliki ruang perpustakaan secara khusus, sehingga mereka menyiasatinya dengan menyekat ruang kelas untuk dipergunakan sebagai perpustakaan. Sangat ironis memang di tengah berbagai bantuan buku ke sekolah-sekolah, infrastruktur belum diperhatikan secara menyeluruh. Termasuk juga tenaga pengelola perpustakaan. Saat ini perpustakaan sekolah di lingkungan UPTD TK, SD, SLB, Kecamatan Rajapolah Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya juga belum memiliki staf perpustakaan secara khusus. Perpustakaan berjalan di tengah waktu luang guru setelah mengajar dari kelas. Dengan kondisi perpustakaan yang seperti ini, bagaimana perpustakaan dapat menjadi jantung bagi sebuah lembaga pendidikan? (Nuning)
Berikut ini beberapa foto kegiatan :

SD Negeri Cibungbun, tempat pelatihan.














Kepala UPTD TK, SD, SLB, Kecamatan Rajapolah Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya membuka acara pelatihan.














Drs. Dian Sinaga, M.Si., Ketua Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad memberikan sambutan.

Peserta serius menyimak materi dari Drs. Pawit M.Yusup, M.S.
Foto-foto berikut adalah pada saat penyampaian materi oleh Nuning Kurniasih, S.Sos., M.Hum. dan Drs. Dian Sinaga, M.Si.
























































1 comment:

Falatehan Zainy said...

Suatu kegiatan mencerdaskan anak bangsa yg sangat menarik.

Masalah yg umum di jumpai adalah:
BAGAIMANA MEMBUAT PERPUSTAKAAN ITU MENARIK

Alasannya adalah:
Ada perpustakaan yg terkesan mati suasananya sehingga membuat orang malas berkunjung dan ada perpustakaan yg terkesan hidup sehingga menarik minat orang yg malas membaca sekalipun.

Semoga Nuning bisa membuat suatu konsep dasar bagaimana menghidupkan suasana sebuah perpustakaan.

Sekali lagi salut atas usaha tim Unpad