December 02, 2008

Batu Caves

Batu Caves merupakan tempat ibadah suci bagi orang Hindu di Malaysia, terletak di negara bagian Selangor, sekitar 13 km dari kota Kuala Lumpur. Patung dewa Murugan setinggi 4,3 meter tampak menjulang begitu kita memasuki kawasan Batu Caves.

Di Batu Caves terdapat 3 gua utama dan satu gua kecil. Untuk sampai ke pura, kita harus menaiki 272 anak tangga ditambah sekitar 50 anak tangga di dalamnya. Sepanjang perjalanan menaiki tangga, ada banyak monyet yang berkeliaran bebas. Sehingga kita harus ekstra hati-hati memelihara barang-barang kita dari jamahan monyet-monyet tersebut.


Setelah melewati tangga, kita dapat melihat beberapa orang hilir mudik membawa ular sementara itu semakin masuk ke dalam gua, akan semakin tercium bau yang semakin menyengat. Saya sendiri hampir tidak kuat mencium bau tersebut sehingga memutuskan untuk tidak sampai ke ujung gua.

Setiap tahun sekali pada bulan Februari, Batu Caves akan menjadi lautan manusia karena pada bulan tersebut biasanya diadakan festival Thaipusam. (Nuning)

No comments: